Silabus Kurikulum 2013 Bahasa Sunda Kelas XII

nOktober 2013

 

 

SILABUS

Kelas XII

MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA

 

Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan,

Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan

 

 

DINAS PENDIDIKAN

PROVINSI JAWA BARAT

TAHUN 2013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 1

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XII / 1                     WAWACAN      8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
12.1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan YME akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui wawacan, carita pantun, artikel, memandu acara, terjemahan, drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.2.1 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun, dan proaktif  dalam menggunakan bahasa Sunda untuk mengapresiasi  wawacan dan carita pantun

 

 

 

Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.3.1 Mengidentifikasi, dan menganalisis teks  wawacan berdasarkan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wawacan

  • Contoh wawacan
  • Bentuk puisi wawacan
  • Parafrase wawacan
  • Perbandingan wawacan dengan novel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati:

  • Membaca dan mengamati contoh wawacan.
  • Memahami unsur cerita dalam wawacan
  • Mengamati bentuk-bentuk puisi wawacan

 

Mempertanyakan:

  • Bertanya jawab tentang contoh wawacan.
  • Bertanya jawab tentang unsur cerita dalam wawacan.

 

 Mengeksplorasi:

  • Membaca tentang contoh wawacan.
  • Berdiskusi tentang unsur cerita dalam wawacan.
  • Mencari informasi/referensi tentang wawacan dan kaidah-kaidahnya
  • Mendiskusikan tentang isi dan kaidah-kaidah wawacan.

 

Mengasosiasikan:

  • Menyimpulkan tentang isi wawacan beserta kaidah-kaidahnya.
  • Siswa mengevaluasi isi wawacan berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

 Mengomunikasikan:

  • Membacakan/ mempresentasikan hasil parafrase di depan kelas.
  • Menyampaikan pendapat sendiri berkaitan dengan cerita wawacan.
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi wawacan dan kaidah-kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan isi wawacan.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menuliskan isi wawacan dalam bentuk parapase atau bentuk lainnya.

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam menginterpretasikan isi wawacan.
  • secara individual siswa diminta menjelaskan isi wawacan yang diamatinya

 

4 JP (2 X Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XII
  • Buku referensi lain yang menunjang materi wawacan.

 

12.4.1 Menanggapi  dan mengkonversi teks wawacan sesuai dengan kaidah-kaidahnya
  • Parafrase wawacan

 

Mengamati:

  • Mengamati cara-cara mengkonversi puisi wawacan dalam bentuk parafrase.

 

Mempertanyakan:

  • Bertanya jawab tentang cara-cara mengkonversi puisi wawacan dalam bentuk parafrase.

 

 

 

Mengeksplorasi:

  • Berdiskusi tentang cara-cara mengkonversi puisi wawacan dalam bentuk parafrase.

Mengasosiasikan:

  • Menyimpulkan cara-cara mengkonversi puisi wawacan dalam bentuk parafrase.

 

Mengomunikasikan:

 Menyampaikan kembali

isi wawacan dalam

bentuk paraprase.

 

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi wawacan dan kaidah-kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan isi wawacan dalam bentuk parafrase

 

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menuliskan isi wawacan dalam bentuk parapase atau bentuk lainnya.

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam menginterpretasikan isi wawacan.
  • secara individual siswa diminta menjelaskan isi wawacan yang diamatinya
4 JP (2 X Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XII
  • Buku referensi lain yang menunjang materi wawacan.

 

 


SILABUS 2

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XII / 1                     CARITA PANTUN         4 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
12.1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan YME akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakan nya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui wawacan, carita pantun, artikel, memandu acara, terjemahan, drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.2.1 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun, dan proaktif  dalam menggunakan bahasa Sunda untuk mengapresiasi  wawacan dan carita pantun

 

  Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.3.2  Mengidentifikasi dan menganalisis teks carita pantun berdasarkan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Carita pantun

Rajah

Rajah pamuka

Rajah pamunah

Papantunan

Juru pantun

Waditrana kacapi

Struktur carita

 Pantun

Judul carita

 nu dipidangkeun

unsure intrinsic carita pantun

lalakon

pagelaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks

carita pantun dan

mencermati kaidah-

kaidahnya.

– Siswa mengamati jenis-

jenis rajah  dalam carita

pantun

 

Mempertanyakan:

–  Siswa bertanya jawab

tentang téks  carita

    pantun beserta kaidah-

kaidahnya

 

– Siswa bertanya jawab

tentang jenis-  jenis

rajah carita pantun.

Siswa bertanya jawab

tentang jenis-  jenis

rajah carita pantun.

– Siswa bertanya jawab

tentang unsur-unsur

carita pantun.

 

Mengeksplorasi:

–  Siswa berdiskusi

tentang téks  carita

    pantun beserta kaidah-

kaidahnya.

– Siswa berdiskusi

tentang jenis-  jenis

rajah carita pantun.

–  Siswa menemukan

jenis-  jenis

rajah carita pantun.

– Siswa berdiskusi

tentang unsur-unsur

carita pantun.

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan isi carita pantun beserta kaidah-kaidahnya.
  • Siswa menyimpulkan isi carita pantun berdasarkan kaidah-kaidahnya.
  • Siswa menyusun ringkasan contoh carita pantun.

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menceritakan kembali isi carita pantun menggunakan bahasa sendiri dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya
  • Siswa membacakan ringkasan carita pantun yang disusunnya.
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami carita pantun dan kaidah-kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan isi carita pantun.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menuliskan isi carita pantun dengan bahasa sendiri berdasarkan kaidahnya.

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam menginterpretasikan isi carita pantun.
  • secara individual siswa diminta menjelaskan isi carita pantun yang diamatinya

 

 

 

 

 

 

 

4 JP (2 X Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XII
  • Buku referensi lain yang menunjang materi cerita pantun.

 

14.4.2 Menanggapi dan mengkonversi carita pantun sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

 

parafrase Mengamati:

  • Mengamati cara-cara mengkonversi carita pantun.

 

Mempertanyakan:

  • Bertanya jawab tentang cara-cara mengkonversi carita pantun.

 

Mengeksplorasi:

  • Berdiskusi tentang cara-cara mengkonversi carita pantun.

 

Mengasosiasikan:

  • Menyimpulkan cara-cara mengkonversi carita pantun.
  • Mengomunikasikan:

 Menyampaikan kembali

isi carita pantun.

 

Tes Praktik:

secara individual siswa diminta memparafrasekan carita pantun.

 

 

   

.


SILABUS 3

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XII / 1                     ARTIKEL          4 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
12.1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan YME akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakan nya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui wawacan, carita pantun, artikel, memandu acara, terjemahan, drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.2.2 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan proaktif  dalam menggunakan bahasa Sunda untuk memahami dan menyampaikan artikel dan terjemahan.   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.3.3 Mengidentifikasi dan menganalisis teks artikel berdasarkan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel

Contoh artikel

Gagasan

Ngararancang penulisan

Nulis draf

Nyusun

Mencari

bahan artikel

bubuka

pedaran

kacindekan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati:

–  Mengamati contoh

teks artikel dan

 mencermati kaidah-

kaidahnya.

– Mengamati gagasan

pokok yang terdapat

dalam artikel.

 

Mempertanyakan:

–  Bertanya jawab

tentang contoh artikel

dan   kaidah

kaidahnya

– Bertanya jawab

tentang gagasan yang

terdapat dalam contoh

artikel.

 

Mengeksplorasi:

  • Mencari informasi tentang isi artikel dan kaidah-kaidahnya
  • Mendiskusikan tentang isi artikel dan kaidah-kaidah.
  • Mendiskusikan gagasan yang disamapaikan penulis dalam artikel.

 

Mengasosiasikan:

  • Menyimpulkan tentang isi artikel beserta kaidah-kaidahnya.
  • Mengevaluasi isi artikel berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Mengomunikasikan:

  • Menuliskan kembali isi artikel dengan menggunakan bahasa sendiri dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya
  • Membacakan isi artikel yang ditulisnya dengan bahasa sendiri.

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami artikel dan kaidah-kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan artikel.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menuliskan artikel dengan bahasa sendiri berdasarkan kaidahnya.

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam memahami isi artikel.
  • secara individual siswa diminta menjelaskan isi artikel yang diamatinya

Tes Praktik:

Secara individual siswa diminta menyusun artikel berdasarkan kaidah-kaidahnya.

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XII
  • Buku referensi lain yang menunjang materi artikel

 

12.4.3 Menyusun dan menanggapi teks artikel sesuai dengan kaidah-kaidahnya   Mengamati:

–  Mengamati langkah-

langkah  penyusu-

nan draf

artikel dan

mencermati kaidah-

kaidahnya.

– Mengamati gagasan

pokok yang terdapat

dalam artikel.

 

Mempertanyakan:

–  Bertanya jawab

tentang cara menulis

artikel yang sesuai

dengan kaidah-

kaidahnya

– Bertanya jawab

tentang gagasan yang

terdapat dalam contoh

artikel.

 

Mengeksplorasi:

  • Mencari informasi tentang cara penulisan artikel yang sesuai dengan kaidah-kaidahnya
  • Mendiskusikan penyusunan artikel yang sesuai dengan dan kaidah-kaidahnya.
  • Mendiskusikan gagasan yang harus disampaikan dalam penulisan artikel.

 

Mengasosiasikan:

  • Menyimpulkan tentang penulisan artikel beserta kaidah-kaidahnya.
  • Menyusun draf artikel.
  • Mengevaluasi tulisan teman sendiri yang sesuai dengan kaidah penulisan artikel.

 

Mengomunikasikan:

  • Membacakan artikel yang telah disusun berdasarkan draf dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah-kaidah
  • Menanggapi artikel temannya..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 4

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XII / 1         MANDU ACARA           4 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
12.1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan YME akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakan nya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui wawacan, carita pantun, artikel, memandu acara, terjemahan, drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.2.3 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan proaktif  dalam berbahasa Sunda melalui memandu acara dan drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.3.5 Mengidentifikasi dan menganalisis teks panduan acara berdasarkan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memandu acara

Contoh wacana

memandu

acara.

– Prosedur

memandu acara

(bahasa yang

digunakan,

etika)

– Jenis memandu

acara

Mengamati:

– Mambaca contoh teks

memandu acara dan

mencermati kaidah-

kaidahnya

 

Mempertanyakan:

–  Bertanya jawab tentang

memandu acara dan

kaidah-kaidahnya

– Bertanya jawab tentang

prosedur memandu

acara   (bahasa yang

digunakan,

etika)

– Bertanya jawab tentang

jenis memandu acara

 

Mengeksplorasi:

  • Mencari dari berbagai sumber informasi tentang prosedur memandu acara dan kaidah-kaidahnya
  • Mendiskusikan tentang isi ték panduan acara dan kaidah-kaidah.

 

Mengasosiasikan:

  • Menyusun panduan acara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

–  Menyimpulkan tentang

panduan acara beserta

kaidah-kaidahnya.

 

Mengomunikasikan:

  • Membacakan teks panduan acara yang ditulisnya.
  • Menanggapi teks panduan acara yang disusun dan dibacakan oleh temannya.
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami teks panduan acara dan kaidah-kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menyusun teks panduan acara.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menuliskan teks panduan acara berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam memahami isi panduan acara dan kaidah-kaidahnya.

 

Tes Praktik:

Secara individual siswa diminta memperagakan sebagai pemandu acara dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya.

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XII
  • Buku referensi lain yang menunjang materi tentang Pemandu Acara
12.4.5 Menyusun, menyunting, dan memperagakan panduan acara sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan   Mengamati:

– Menonton dan

mengamati model

pamandu acara.

 

Mempertanyakan

– Bertanya jawab tentang

contoh model pemandu

acara tentang susunan

acara yang sesuai

dengan   kaidah-

kaidahnya.

 

Mengeksplorasi:

  • Mencari dari berbagai sumber informasi tentang bahasa yang digunakan pemandu

Acara.

  • Mendiskusikan tentang sikap seorang pemandu acara.

 

Mengasosiasikan:

Menyusun acara sesuai dengan jenis acara yang dipandunya.

 

Mengomunikasikan:

Memperagakan

pemandu acara

– Mengomentari

temannya yang menjadi pemandu acara.

 

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 5

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XII / 2         TARJAMAHAN             8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
12.1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan YME akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakan nya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui wawacan, carita pantun, artikel, memandu acara, terjemahan, drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.2.2 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan proaktif  dalam menggunakan bahasa Sunda untuk memahami dan menyampaikan artikel dan terjemahan.

 

  Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.3.4 Mengidentifikasi dan menganalisis teks terjemahan berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terjemahan

  • Contoh teks terjemahan
  • Prosedur penerjemahan (kata perkata, kalimat, atau terjemahan bebas.)
Mengamati:

–  Membaca contoh

terjemahan

–  Mengamati teks

terjemahan dan

mencermati kaidah-

kaidahnya

 

Mempertanyakan:

– Bertanya jawab tentang

contoh teks terjemahan

 dan kaidah-kaidahnya

– Bertanya jawab tentang

prosedur penerjemahan

 

Mengeksplorasi:

  • Mencari contoh-contoh artikel
  • Mencari dari berbagai sumber informasi tentang prosedur penerjemahan dan kaidah-kaidahnya
  • Mendiskusikan tentang isi terjemahan dan kaidah-kaidah.

 

Mengasosiasikan:

  • Menyimpulkan tentang prosedur penerjemahan beserta kaidah-kaidahnya.
  • Menerjemahan

wacana berbahasa asing ke dalam bahasa Sunda.

 

Mengomunikasikan:

  • Membacakan hasil terjemahannya dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Sunda atau sebaliknya berdasarkan kaidah-kaidahnya.
  • Saling menanggapi terjemahan yang ditulis

oleh temannya.

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami terjemahan dan kaidah-kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menterjemahkan.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menuliskan teks terjemahan berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam memahami isi terjemahan.
  • secara individual siswa diminta menjelaskan isi terjemahan yang diamatinya

Tes Praktik:

Secara individual siswa diminta menterjemahkan sebuah artikel péndek dari bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya berdasarkan kaidah-kaidahnya.

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XII
  • Buku referensi lain yang menunjang materi tentang Terjemahan
12.4.4 Menyusun, menyunting, dan menanggapi teks terjemahan dari bahasa Indonesia atau bahasa lain ke dalam bahasa Sunda atau sebaliknya sesuai dengan kaidah-kaidahnya dengan bahasa yang baik dan benar.

 

  • Penerjemahan puisi.
  • Penerjemahan lagu.

 

 

Mengamati:

–  Membaca contoh

Terjemahan puisi

–  Membaca contoh

terjemahan lagu

–  Mengamati teks

terjemahan puisi dan

lagu  dan   mencermati

kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

– Bertanya jawab tentang

contoh teks terjemahan

 puisi.

– Bertanya jawab tentang

prosedur menerje-

mahkan puisi.

– Bertanya jawab tentang

prosedur penerjemahan

puisi dan lagu.

 

Mengeksplorasi:

  • Menggali informasi tentang prosedur penerjemahan puisi
  • Menggali informasi tentang prosedur penerjemahan lagu.

 

 Mengasosiasikan:

  • Menyimpulkan tentang prosedur penerjemahan puisi dan lagu, beserta kaidah-kaidahnya.
  • Menerjemahan

Puisi atau lagu berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Sunda, atau sebaliknya.

 

Mengomunikasikan:

  • Membacakan hasil terjemahan puisi berbahasa Indonesia, atau bahasa lainnya ke dalam bahasa Sunda atau sebaliknya.
  • Saling menanggapi terjemahan puisi atau lagu yang ditulis

oleh temannya.

 

  4 JP (2 x Pertemuan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 6

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XII / 2         DRAMA            4 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
12.1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan YME akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakan nya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui wawacan, carita pantun, artikel, memandu acara, terjemahan, drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.2.3 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan proaktif  dalam berbahasa Sunda melalui memandu acara dan drama (teater, gending karesmen dan/atau longser)   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
12.3.6 Mengidentifikasi dan menganalisis teks drama berdasarkan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan. Drama Mengamati:

Siswa mengamati teks drama dan mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang drama dan kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang drama dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi téks drama dan kaidah-kaidah.

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan isi drama berdasarkan kaidah-kaidahnya.
  • Siswa mengevaluasi isi drama berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa mengubah teks drama ke dalam bentuk prosa dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya
  • Siswa membacakan teks drama yang ditulisnya.

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami teks drama dan kaidah-kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan mengomentari teks drama.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menuliskan isi teks drama dalam bahasa sendiri berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam memahami isi drama dan kaidah-kaidahnya.

 

Tes Praktik:

Secara berkelompok siswa diminta memperagakan teks drama dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya.

 

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XII
  • Buku referensi lain yang menunjang materi tentang Drama
12.4.6 Menanggapi dan memperagakan teks drama (teater, gending karesmen, dan/atau longser) sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

.

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Adejuve

Cilondok Pasirsalam Mangunreja Tasikmalaya

Urang Sunda - Kenali Leluhur, Sejarah, Bahasa dan Budaya Asli Urang Sunda

Elmu Tungtut Dunya Siar, Sukan-Sukan Sakadarna....

raudya's

Elmu Tungtut Dunya Siar, Sukan-Sukan Sakadarna....

Biografiparasufi's Blog

Just another WordPress.com weblog

Keajaiban Dunia

Aneka Keajaiban Dunia dalam Berita, Gambar, Foto dan Video

Metafisis

Membongkar Hakikat Tenaga Dalam, Ilmu Metafisika, dan Ilmu Hikmah

Chye Retty Isnendes Blog

Iman, Ilmu, Amal, Sastra

%d blogger menyukai ini: