Silabus Kurikulum 2013 Bahasa Sunda Kelas XI

Oktober 2013

 

 

SILABUS

Kelas XI

MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA

 

Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan,

Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan

 

 

DINAS PENDIDIKAN

PROVINSI JAWA BARAT

TAHUN 2013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 1

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 1  RUMPAKA KAWIH                          8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.1  Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam berbahasa Sunda untuk memahami rumpaka kawih, sajak, mantra, dan novel.   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.1 Mengidentifikasi dan menganalisis  rumpaka kawih sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Rumpaka Kawih

 

  • Contoh teks rumpaka kawih
  • Aspek kebahasaan (diksi, purwakanti, gaya basa)
  • Struktur eusi (tema, nada, rasa, amanat)

 

 

Mengamati:

Siswa membaca dan atau mendengarkan rumpaka kawih  serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

  • Siswa bertanya jawab tentang isi, tema, amanat, nada, dan rasa yang terkandung pada rumpaka kawih
  • Siswa berdiskusi tentang aspek kebahasaan (istilah-istilah yang dianggap sulit, purwakanti, dan gaya basa) yang terdapat pada rumpaka kawih

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber tentang rumpaka kawih
  • Siswa mendiskusikan tentang isi dan kaidah- kaidah rumpaka kawih.

 

Mengasosiasikan:

Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah rumpaka kawih dan berbagai contoh-contohnya.

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan kembali isi rumpaka kawih dengan bahasa sendiri berdasarkan kaidah-kaidahnya
  • Siswa membacakan isi teks rumpaka kawih yang ditulisnya
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi rumpaka kawih.

 

Observasi:

Mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan isi rumpaka kawih.

 

Portofolio:

Menilai laporan siswa tentang hasil mengamati isi rumpaka kawih

 

Tes tertulis:

Menilai kemampuan siswa dalam menginterpretasi isi rumpaka kawih.

 

4 JP (2 X Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Kawih Sunda
  • Kaset/VCD kawih
  • Juru kawih

 

11.4.1 Menanggapi dan mengekspresikan rumpaka kawih sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.
  • Contoh rumpaka kawih
  • Paraprase rumpaka kawih
  • Pelantunan rumpaka kawih

 

Mengamati:

Siswa mengamati rumpaka kawih  serta mencermati teknik pelantunannya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang penyusunan paraphrase dan teknik pelantunan rumpaka kawih

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi penyusunan paraphrase dan teknik pelantunan rumpaka kawih

 

  • Siswa mendiskusikan tentang penyusunan paraphrase dan teknik pelantunan rumpaka kawih

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang penyusunan paraphrase dan teknik pelantunan rumpaka kawih
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah penyusunan paraphrase dan teknik pelantunan rumpaka kawih

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menyampaikan secara tertulis hasil penyusunan paraprase rumpaka kawih
  • Siswa melantunkan rumpaka kawih dengan teknik pelantunan yang tepat
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk menyusun

paraphrase dan melantunksn rumpaka kawih

 

Observasi:

Mengamati kegiatan siswa dalam proses menyusun paraphrase dan pelantunan rumpaka kawih

 

Portofolio:

menilai laporan siswa dalam menyusun paraphrase rumpaka kawih

Tes tertulis:

menilai kemampuan siswa dalam penyusunan paraphrase rumpaka kawih

 

Tes Praktik:

secara berkelompok siswa diminta untuk melantunkan rumpaka kawih dengan teknik pelantunan yang tepat

4 JP (2 X pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Kawih Sunda
  • Kaset/VCD kawih
  • Juru kawih

 

 


SILABUS 2

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 1  SAJAK                                 8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.1  Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam berbahasa Sunda untuk memahami rumpaka kawih, sajak, mantra, dan novel.   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.2 Mengidentifikasi dan menganalisis   sajak sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Sajak

 

  • Teks sajak
  • Wangun sajak (sajak epic, sajak lirik)
  • Aspek kebahasaan (diksi, purwakanti, gaya basa)
  • Struktur eusi (tema, nada, rasa, amanat)

 

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks sajak serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang téks sajak beserta kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi sajak dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi dan kaidah-kaidah sajak.

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah sajak dan berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah sajak dan berbagai contohnya.

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan kembali isi sajak dengan bahasa sendiri berdasarkan kaidah-kaidahnya

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi dan kaidah-kaidah sajak.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan isi sajak.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil memahami, menganalisis sajak

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa tentang kaidah-kaidah sajak.
  • secara individual siswa diminta menuliskan kembali isi téks sajak yang diamatinya

Tes Praktik:

secara individual siswa diminta  membaca sajak berdasarkan kaidah-kaidahnya.

4 JP (2 X pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi sajak Sunda.
  • Kaset/Video pembacaan sajak

 

11.4.2 Menanggapi dan mengekspresikan sajak sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan Sajak

 

  • Teks sajak
  • Paraprase teks sajak
  • Deklamasi teks sajak
  • Ngarang sajak

 

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks sajak serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang teknik paraphrase, deklamasi, dan penyusunan teks sajak

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang teknik paraphrase, deklamasi, dan penyusunan teks sajak
  • Siswa mendiskusikan tentang teknik paraphrase, deklamasi, dan penyusunan teks sajak

 

 

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang teknik paraphrase, deklamasi, dan penyusunan teks sajak
  • Siswa mengevaluasi teknik paraphrase, deklamasi, dan penyusunan teks sajak

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menyampaikan hasil paraphrase secara tertulis
  • Siswa mendeklamasikan sebuah sajak dengan teknik yang baik
  • Siswa menyusun sebuah teks sajak sesuai dengan kaidah-kaidahnya
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami teknik paraphrase, deklamasi, dan penyusunan teks sajak

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses menyusun paraphrase, deklamasi, dan penyusunan teks sajak

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil berlatih menulis sajak

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa tentang paraphrase sajak
  • secara individual siswa diminta menyusun/ ngarang sebuah sajak

Tes Praktik:

secara individual siswa diminta  membaca sajak berdasarkan kaidah-kaidahnya.

4 JP (2 X pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi sajak Sunda.
  • Kaset/Video pembacaan sajak

 


SILABUS 3

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 1  MANTRA                              8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.1  Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam berbahasa Sunda untuk memahami rumpaka kawih, sajak, mantra, dan novel.   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.3   Mengidentifikasi  dan menganalisis mantra sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Mantra

 

  • Beberapa contoh teks mantra
  • Jenis-jenis mantra (jampe, jangjawokan, asihan, singlar, ajian, rajah)
  • Fungsi mantra
  • Aspek kebahasaan (diksi, purwakanti, gaya basa)

 

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks mantra serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi, fungsi dan kaidah-kaidah mantra

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi mantra dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi dan kaidah-kaidah mantra.

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah mantra dan berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah mantra dan berbagai contohnya.

Mengomunikasikan:

  • Siswa menjelaskan kembali isi mantra beserta kaidah-kaidahnya

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi/fungsi dan kaidah-kaidah mantra.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan isi/ fungsi mantra dan kaidah-kaidahnya.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil memahami dan menganalisis berbagai jenis mantra

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam mengindentifikasi jenis mantra.
  • secara individual siswa diminta menganalisis kaidah-kaidah mantra
4 JP (2 X pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Mantra.

 

11.4.3   Menanggapi dan membahas mantra secara lisan dan tulisan.

 

Mantra

 

  • Beberapa contoh teks mantra
  • Jenis-jenis mantra (jampe, jangjawokan, asihan, singular, ajian, rajah)
  • Fungsi mantra

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks mantra serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi, fungsi dan kaidah-kaidah mantra

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mendiskusikan tentang fungsi dan tujuan mantra di masyarakat
  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang mantra yang beredar di masyarakat

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah mantra dan berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah mantra dan berbagai contohnya.

Mengomunikasikan:

  • Siswa menyampaikan secara tertulis mantra yang ditemukan di lingkungan sekitar
  • Siswa menyusun infenterisasi mantra-mantra yang terkumpul dari lingkungan sekitar
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi/fungsi yang terdapat di lingkungan sekitar

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses infentarisasi mantra

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil pengumpulan mantra-manra yang ada di lingkungan sekitar

 

Tes tertulis:

menilai kemampuan siswa menuliskan teks mantra yang didapatkan dari lingkungan sekitar

4 JP (2 X pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Mantra.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 4

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 1  NOVEL                                 8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.1  Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam berbahasa Sunda untuk memahami rumpaka kawih, sajak, mantra, dan novel.   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.4 Mengidentifikasi dan menganalisis novel sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Novel

 

  • Contoh novel
  • Unsur instrinsik novel (tema, amanat, alur, tokoh, latar, dsb.)
  • Aspek kebahasaan novel (diksi, jenis-jenis kalimat)
Mengamati:

Siswa membaca dan mengamati teks novel serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi novel beserta dan kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi novel dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi dan kaidah-kaidah novel.

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah novel dan berbagai contoh-contohnya.

 

 

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menjelaskan kembali isi novel beserta kaidah-kaidahnya

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi dan kaidah-kaidah novel.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis isi novel dan kaidah-kaidahnya.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil memahami dan menganalisis berbagai berbagai novel

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam mengindentifikasi isi novel.
  • secara individual siswa diminta menganalisis kaidah-kaidah novel

 

4 JP (2 X pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Novel.
  • Buku novel

 

11.4.4 Menanggapi dan meringkas novel sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

 

Novel

 

  • Contoh novel
  • Aspek kebahasaan novel (diksi, jenis-jenis kalimat)
Mengamati:

Siswa membaca dan mengamati teks novel isinya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi novel

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi novel
  • Siswa mecari dan membaca novel-novel lainnya

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan novel

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan isi novel dengan bahasa sendiri
  • Siswa membuat ringkasan berbagai novel yang telah dibacanya
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi novel.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses menuliskan isi novel dan kaidah-kaidahnya.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil meringkas berbagai novel

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam meringkas isi novel.
  • secara individual siswa diminta membaca dan meringkas berbagai novel
4 JP (2 X pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Novel.
  • Buku novel

 

 

SILABUS 5

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 2  BAHASAN BUDAYA SUNDA                        8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.2  Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam berbahasa Sunda untuk memahami teks   bahasan budaya sunda dan deskripsi yang mengandung pakeman basa.

 

  Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.5 Mengidentifikasi dan menganalisis bahasan budaya Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Bahasan Budaya Sunda

 

  • Contoh bahasan budaya Sunda (seni, kampung adat)
  • Warna karangan (deskripsi)
  • Aspek kebahasaan (diksi, jenis-jenis kalimat)

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks bahasan budaya Sunda serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi bahasan budaya Sunda beserta dan kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi bahasan dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi dan kaidah-kaidah bahasan.

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah bahasan dan berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah bahasan dan berbagai contohnya.

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan kembali isi bahasan budaya Sunda dengan bahasa sendiri

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi dan kaidah-kaidah bahasan budaya Sunda.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan isi bahasan budaya Sunda.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil memahami dan menganalisis berbagai bahasan budaya Sunda

 

 

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam mengindentifikasi isi bahasan budaya Sunda.

 

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Budaya Sunda.

 

11.4.5 Menyusun dan menanggapi deskripsi yang mengandung pakeman basa sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Bahasan Budaya Sunda

 

  • Contoh bahasan budaya Sunda (adat-istiadat)
  • Karangan deskripsi bahasan budaya

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks bahasan budaya Sunda serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi bahasan budaya Sunda beserta dan kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi bahasan dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang penyusunan bahasan

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah bahasan dan berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah bahasan dan berbagai contohnya.

 

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan bahasan tentang budaya Sunda dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami teknik penyusunan bahasan budaya Sunda.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses menulis karangan deskripsi bahasan budaya Sunda.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa dalam menulis karangan deskripsi bahasan budaya Sunda.

 

Tes tertulis:

  • Siswa secara individual menulis bahasan budaya Sunda

 

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Budaya Sunda.

 

 

 


SILABUS 6

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 2  PAKEMAN BASA                              6 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.2  Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam berbahasa Sunda untuk memahami teks   bahasan budaya sunda dan deskripsi yang mengandung pakeman basa.

 

  Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.6 Mengidentifikasi dan menganalisis deskripsi yang mengandung pakeman basa (babasan jeung paribasa, cacandran, dan/atau uga) sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Deskripsi (pedaran) yang mengandung pakeman basa

  • Contoh teks yang mengandung pekeman basa
  • Jenis-jenis pakeman basa (uga, cacandran, babasan, paribasa)
  • Aspek kebahasaan Deskripsi (diksi, purwakanti, kalimat)

 

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks pedaran yang mengandung pakeman basa serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi pedaran yang mengandung pakeman basa

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi pedaran yang mengandung pakeman basa
  • Siswa mendiskusikan tentang isi pedaran yang mengandung pakeman basa.

 

 

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah pedaran yang mengandung pakeman basa dan berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah pedaran yang mengandung pakeman basa dan berbagai contohnya.

                                                                                             

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan kembali isi pedaran yang mengandung pakeman basa

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi dan kaidah-kaidah pedaran yang mengandung pakeman basa.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, dan menuliskan pedaran yang mengandung pakeman basa.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil memahami dan menganalisis berbagai pedaran yang mengandung pakeman basa

 

Tes tertulis:

menilai kemampuan siswa dalam mengindentifikasi isi pedaran yang mengandung pakeman basa.

 

2 JP (1 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Pakeman Basa.

 

11.4.5 Menyusun dan menanggapi deskripsi yang mengandung pakeman basa sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Deskripsi (pedaran) yang mengandung pakeman basa

  • Contoh teks yang mengandung pekeman basa
  • Jenis-jenis pakeman basa (uga, cacandran, babasan, paribasa)

 

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks pedaran yang mengandung pakeman basa serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi pedaran yang mengandung pakeman basa beserta kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi pedaran yang mengandung pakeman basa
  • Siswa mendiskusikan tentang isi dan jenis-jenis pakeman basa pada pedaran deskripsi

 

Mengasosiasikan:

Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah pedaran yang mengandung pakeman basa dan berbagai contoh-contohnya.

 

                                                                                             

Mengomunikasikan:

  • Siswa menyusun pakeman basa dalam bentuk kalimat
  • Siswa menuliskan pedaran yang mengandung pakeman basa dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi pedaran dan jenis-jenis pakeman basa.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam mengaplikaasikan pakeman basa dan menyusun sebuah pedaran yang mengandung pakeman basa.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil menulis pedaran yang mengandung pakeman basa

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pakeman basa dalam menulis kalimat
  • secara individual menulis pedaran yang mengandung pakeman basa

 

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Pakeman Basa.

 

 


SILABUS 7

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 1  WARTA & IKLAN                             8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.3 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan proaktif dalam berbahasa Sunda untuk memahami teks wawancara serta warta dan/atau iklan   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.8 Mengidentifikasi dan menganalisis teks WARTA dan/atau IKLAN sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

 

Warta dan

Iklan

 

  • Contoh warta dan iklan
  • Warna warta iklan
  • Fungsi warta dan iklan
  • Aspek kebahasaan warta dan iklan (diksi, jenis kalimat wawaran)
Mengamati:

Siswa mengamati teks warta dan iklan serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi warta dan iklan beserta kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi warta dan iklan serta kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi warta dan iklan serta kaidah-kaidahnya

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah warta dan iklan serta berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah warta dan iklan serta berbagai contohnya.

                                                                                             

Mengomunikasikan:

  • Siswa menceritakan isi warta dan iklan yang dibacanya

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi warta dan iklan berdasarkan kaidahnya.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisis, warta dan iklan berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil pengamatan berbagai contoh warta dan iklan

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa tentang pemahaman isi dan kaidah-kaidah warta dan iklan.

 

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Warta dan Iklan

 

11.4.8 Menyusun, menyampaikan, dan menanggapi teks WARTA dan/atau IKLAN sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Warta

Iklan

 

  • Contoh warta dan iklan
  • Fungsi/tujuan warta dan iklan
  • Aspek kebahasaan (diksi, jenis kalimat wawaran)
Mengamati:

Siswa mengamati teks warta dan iklan serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang kaidah-kaidah penulisan warta dan iklan

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi warta dan iklan serta kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang penulisan warta dan iklan

Mengasosiasikan:

Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah warta dan iklan serta berbagai contohnya.

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan berbagai jenis warta dan iklan berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi dan teknik penulisan warta dan iklan

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses menuliskan warta dan iklan berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil penulisan berbagai contoh warta dan iklan

 

Tes tertulis:

menilai kemampuan siswa tentang kaidah-kaidah dan penulisan berbagai jenis warta dan iklan

 

4 JP (2 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi Warta dan Iklan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 8

MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA

 

Satuan Pendidikan:               SMA/SMK/MA/MAK

Kelas/Semester:                  XI / 2  WAWANCARA                                 8 Jam

Kompetensi Inti:

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
11.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Sunda dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks sosial budaya sebagai sarana komunikasi melalui rumpaka kawih, sajak, mantra, novel, bahasan, deskripsi, warta, dan wawancara   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.2.3 Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan proaktif dalam berbahasa Sunda untuk memahami teks wawancara serta warta dan/atau iklan   Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4      
11.3.7 Mengidentifikasi dan menganalisis teks wawancara sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

 

Wawancara

 

  • Contoh teks wawancara
  • Aspek kebahasaan (diksi, jenis kalimah)

 

 

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks wawancara serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang isi wawancara beserta kaidah-kaidahnya

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi wawancara dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi wawancara dan kaidah-kaidahnya

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang kaidah-kaidah wawancara dan berbagai contoh-contohnya.
  • Siswa mengevaluasi kaidah-kaidah wawancara dan berbagai contohnya.

                                                                                             

Mengomunikasikan:

  • Siswa menuliskan kembali isi teks wawancara berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi dan kaidah-kaidah wawancara.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam proses memahami, menganalisisteks wawancara berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil memahami teks wawancara

 

Tes tertulis:

  • menilai kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah-kaidah wawancara.

 

2 JP (1 x Pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi wawancara

 

11.4.7 Menyusun, memperagakan, dan menanggapi teks wawancara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

 

Wawancara

 

  • Contoh teks wawancara
  • Aspek kebahasaan (diksi, jenis kalimah)

 

Mengamati:

Siswa mengamati teks wawancara serta mencermati kaidah-kaidahnya

 

Mempertanyakan:

Siswa bertanya jawab tentang prosedur wawancara

 

Mengeksplorasi:

  • Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang isi wawancara dan kaidah-kaidahnya
  • Siswa mendiskusikan tentang isi wawancara dan kaidah-kaidahnya

 

Mengasosiasikan:

  • Siswa menyimpulkan tentang tetnatng prosedur pelaksanaan dan pelaporan hasil wawancara
  • Siswa mengevaluasi prosedur dan hasil wawancara

Mengomunikasikan:

  • Siswa menyusun pedoman wawancara berdasarkan kaidah-kaidahnya.
  • Siswa melakukan kegiatan wawancara dengn tokoh atau teman sejawat
  • Siswa menyampaikan secara tertulis hasil dari awancara
Tugas:

Siswa diminta berdiskusi untuk memahami tatacara (panduan) dan pelaksanaan serta pelaporan hasil wawancara.

 

Observasi:

mengamati kegiatan siswa dalam menyusun langkah/panduan, pelaksanaan dan pelaporan hasil wawancara berdasarkan kaidah-kaidahnya.

 

Portofolio:

menilai laporan siswa tentang hasil wawancara dengan narasumber

 

Tes tertulis:

Secara individual menulis hasil wawancara dengan narasumber

Tes Praktik:

secara individual siswa diminta memperagakan berbagai bahan wawancara dalam topik dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya.

 

6 JP (3 x pertemuan)
  • Buku Siswa Bahasa Sunda SMA/SMK/MA/ MAK Kelas XI
  • Buku referensi lain yang menunjang materi wawancara

 

 

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Adejuve

Cilondok Pasirsalam Mangunreja Tasikmalaya

Urang Sunda - Kenali Leluhur, Sejarah, Bahasa dan Budaya Asli Urang Sunda

Elmu Tungtut Dunya Siar, Sukan-Sukan Sakadarna....

raudya's

Elmu Tungtut Dunya Siar, Sukan-Sukan Sakadarna....

Biografiparasufi's Blog

Just another WordPress.com weblog

Keajaiban Dunia

Aneka Keajaiban Dunia dalam Berita, Gambar, Foto dan Video

Metafisis

Membongkar Hakikat Tenaga Dalam, Ilmu Metafisika, dan Ilmu Hikmah

Chye Retty Isnendes Blog

Iman, Ilmu, Amal, Sastra

%d blogger menyukai ini: